Moto

SMK Farmasi CEFADA Pelopornya SMK Farmasi di Provinsi Lampung, Terdepan dalam Kualitas Pendidikan.

Minggu, 08 Januari 2012

SMK Farmasi Cendikia Farma Husada Melepas Siswa untuk PKF (Praktek Kerja Farmasi)

Awal tahun 2012, merupakan awal Semester Ganap di Tahun Pelajaran 2011/2012, begitu juga dengan KBM (kegiatan Belajar Mengajar) SMK Farmasi Cendikia Farma Husada kembali berjalan, namun ada yang berbeda di tahun ini bagi siswa/I Kelas XI SMK Farmasi Cendikia Farma Husada.

Diawal semester genap ini, siswa kelas XI tidak belajar dikelas seperti biasanya, tapi merka belajar di Rumah Sakit, dan Apotik selama 40 hari, mulai tanggal 9 januari 2012 dan 2 mater 2012, kegiatan ini kami sebut PKF (Praktek Kerja Farmasi).
Setelah Satu setengah Tahun siswa diberi materi ilmu di Bidang Kefarmasian, kali ini mereka melakukan praktek didunia kerja yang sesungguhnya, guna untuk memiliki pengalaman yang memadai dibidang Kefarmasian.

Tujuan diadakannya PKF ini diantaranya:
1.       Memberikan gambaran mengenai struktur organisasi, tugas dan fungsi Tenaga Teknis Kefarmasian/ Asisten Apoteker, situasi dan kondisi di bidang Apotek dan Instalasi Farmasi Rumah Sakit
2.       Mempersiapkan para calon Tenaga Teknis Kefarmasian/Asisten Apoteker untuk menjalani prosesnya secara professional, handal, dan mandiri serta mampu menjawab tantangan.
3.       Siswa mampu berfikir kritis untuk melihat “jeda” antara teori dan praktek

Sebelum mulai melaksanakan PKF siswa SMK Farmasi Cendikia Farma Husada diberi pembekalan PKF yang materinya meliputi:
1.       Tata tertip PKF
2.       Penyusunan Laporan PKF
3.       Simulasi Pelayanan Farmasi
4.       Prospek Kerja TTK (Tenaga Tekhnis Kefarmasian) di Prov. Lampung
Dari materi-materi di atas diharapkan siswa sudah siap melaksanakan pelayanan kefarmasian yang sesungguhnya.

Menurut Bpk. Drs. Sudiyono, Apt., M.Kes. selaku Kabid. Bina Farmasi dan Alat Kesehatan, Dinas Kesehatan Prov. Lampung, sekaligus Penasehat SMK Farmasi Cendikia Farma Husada, dalam acara Pembekalan siswa PKF pada sesi materi Prospek Kerja TTK di Prov. Lampung mengatakan:

“ saya melihat siswa-siswi SMK Farmasi Cendikia Farma Husada sudah dapat bersaing dengan D3 Farmasi di Lampung”, beliau menambahkan, “peluang kerja sangat banyak sekali dikarenakan salah satu syarat pendirian Apotik harus ada Asisten Apoteker, belum lagi di Instalasi Rumah Sakit, PBF (Perdagangan Besar Farmasi), Rumah Sakit Bersalin, dan Apotik-Apotik di seluruh Lampung yang sangat banyak sekali jumlahnya”.

Setelah diberi pembekalan PKF oleh Sekolah, siswa/I SMK Farmasi Cendikia Farma Husada dilepas dengan acara seremony “Upacara Pelepasan Siswa/I PKF SMK Farmasi Cendikia Farma Husada” yang dihadiri oleh seluruh siswa/I kelas XI yang akan menjalani PKF. Dalam kesempatan ini Kepala Sekolah SMK Farmasi Cendikia Farma Husada Bpk. Ahmad Junaidi, S.Si., Apt. selaku Pembina upacara memberikan sambutannya kepada siswa/I SMK Farmasi Cendikia Farma Husada pada tanggal 7 januari 2012.

Beliau mengatakan “Di awal tahun 2012, merupakan awal tahun yang sepesial bagi SMK Farmasi Cendikia Farma Husada, dikarenakan diawal tahun ini, pertama kalinya SMK Farmasi Cendikia Farma Husada bekerja sama dengan Rumah Sakit-Rumah Sakit dan Apotik-Apotik yang ada di Lampung dalam rangka Praktek Kerja Farmasi, beliau menambahkan, “harapan sekolah semoga siswa/I SMK Farmasi Cendikia Farma Husada angkatan pertama ini memberikan citra baik untuk sekolah, dan saya berpesan jaga nama baik Sekolah, nama baik orang tua dan buat orang tua kalian tersenyum bangga dengan prestasi kalian. Kalian harus berpegang teguh pada prinsip Kerja Rajin, Kerja Bersih, dan Kerja Rapih, disiplin dengan aturan Sekolah dan Rumah Sakit/ Apotek, Hadapi, Hayati, dan Nikmati semua proses yang ada.

By:
SMK Farmasi Cendikia Farma Husada